Jumat, 19 Januari 2018

Gandes Pamantes

Nama Gendes Pamantes berasal dari kata Gendes yang berarti gadis/wanita dalam bahasa sunda, dan Pamantes yang memiki arti pantas dalam bahasa sunda. Kedua kata ini kesatuan arti yakni gadis-gadis cantik yang selalu pantas dilihat dan juga menarik untuk dipandang. Sanggar Tari Gendes Pamantes didirikan pada tanggal 8 Desember 2007 oleh Indi Febriyanti yang berawal dari pengalamannya di dalam maupun luar negeri. Sanggar yang berlokasi di Cilubang Nagrak No. 4 RT 001/004 Kel. Situgede Kec. Bogor Barat Kota Bogor ini baru terdaftar di Usaha Parawisata Kota Bogor pada Oktober pengajaran 2013.
Sanggar Tari Gendes Pamantes ini menyelenggarakan tari nusantara. Pendidikan luar sekolah seni tari atau sanggar tari yang dilaksanakan oleh Sanggar Tari Gendes Pamantes secara holistic (menyeluruh) mulai dari pendidikan, penyelenggaraan pertunjukan, dan kostum. Berawal dari seni tari tradisi sebagian besar pertunjukan dari Sanggar Tari Gendes Pamantes menggunakan bahan baku dari pembendaharaan kesenian Sunda yang kemudian dikembangkan dengan inspirasi dan inovasi dari sang pendiri sanggar. Sanggar ini mengajarkan Seni Tari kepada anak-anak, remaja, maupun dewasa yang berminat untuk belajar mengenai seni tari lebih dalam. Dengan adanya kurikulum dalam pembelajaran setiap sektor kelas dan kelompok umur, menjadikan sistem pembelajaran lebih tertata dan rapih. Dengan demikian, anak didik di Sanggar Seni Tari Gendes Pamantes yang masih dibawah umur tidaklah perlu mempelajari tarian untuk orang dewasa.

Dalam memacu anak didik di Sanggar Tari Gendes Pamantes, sang pendiri tidak menuntut para anak didiknya untuk langsung melakukan tarian yang luwes, gemulai, dan ekspresif. Namun Indi Febriyanti membuat susunan tahapan seperti pengenalan bentuk gerakan tangan, kepala dan kaki, pengenalan posisi keadaan tubuh, pengenalan gerak sampur, perkenalan pergerakan secara keseluruhan dalam alur tari, pengenalan irama, pemahaman dan penghafalan susunan tari, serta penguasaan cara menarikan susunan tari untuk mempermudah proses mempelajari Seni Tari.
Sanggar Tari Gendes Pamantes terus mempertahankan kehadirannya dalam dunia pendidikan dan apresiasi seni tari tradisional Indonesia serta pengembangannya melalui penataan pendidikan tari dan daya cipta kreatif yang mendalam. Selain itu, Sanggar Tari Gendes Pamantes memiliki tujuan dari setiap kegiatan yang diselenggarakan yaitu untuk menyalurkan bakat dan kreatifitas anak, sebagai ajang aktualisasi diri anak, sebagi ajang kompetensi yang sehat dan bermanfaat, serta memberikan apresisasi kepada masyarakat, khususnya wawasan terhadap perkembangan Seni Budaya Indonesia dalam Seni Tari untuk menarik minat generas muda terhadap karya seni.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar