Senin, 22 Januari 2018

Batu Dakon Pasir Jaya

Untuk menuju lokasi Situs Batu Dakon/Tapak Pasir Jaya kita harus menapaki jalan sempit dan menanjak, lokasi Batu Dakon ini tepat nya di atas bukit atau lebih tepat di atas tebing dan berada didalam area Mushola Khusnul Khotimah.
Di dekatnya terdapat beberapa makam dan beberapa pohon bambu, tetapi akan hilang rasa lelah kita saat berada di lokasi batu dakon, karena aroma udaranya yang sejuk, dan tatkala mata memandang kebawah melihat atap-atap rumah dan jalan raya Cibalagung.
Mengenai Batu Dakon / Tapak di Pasir Jaya ini lebih dikenal masyarakat dari pada nama kampungnya. Batu tapak itu berbentuk Dakon, yaitu batu berlubang seukuran bdiameter 7 cm dan berlubang sebanyak 8 lubang 5 bagian bawah serta 3 di bagian atas, batu dakon Pasir Haya berada di kampung Batu Tapak Cibalagung, Kel Pasir Jaya Bogor. Itulah sebanya mengapa Batu Dakon itu punya sebutan nama lain.
Dan mengenai kisah nama kampung batu tapak ini, pertama kali ditemukan duku, batu dakon ini menyebutnya batu tapak bukan batu dakon. Wajar, jika hingga saat ini kampung ini terkenal dengan sebutan kampung batu tapak.

Menurut jupel (juru pelihara) Yazid, Batu Dakon Pasir Jaya – jupel ke tiga diangkat pada tahun 2010, dirinya adalah pengganti jupel Bapak Oo (alm). “Itu makam Pak Oo sambil menunjuk sebuah makam di antara banyak makam yang ada,” ujar pak Yazid.
Konon, batu tersebut dulunya adalah tempat atau bekas sembahyang atau persinggahan petilasan dari Raden Wangsa Muhammad beliau adalah orang kepercayaan Raden Kian Santang yang tak lain adalah putra Prabu Siliwangi.
Selain di Batu tapak Cibalagung ini petilasan Raden Wangsa Muhammad juga ada di daerah Tanggerang sedangkan makom Raden Muhammad sendiri berada di Godok Suci Garut dekat dengan makom Raden Kian Santang.
“Adapun argumentasi, mengapa makom Raden Wangsa Muhammad karena, beliau adalah panglima nya atau orang kepercayaan Raden Kian Santang,” kata Yazid.
Pernah ada cerita sekitar tahun 1945 an, ketika tanah ini masih jarang penghuninya. Konon, jika ada burung atau pesawat terbang melintas di atas area batu dakon ini, maka bisa langsung jatuh.
Juga ada cerita lain mengenai pohon bambu, kadang pohon bambunya seperti mau roboh seperti menghalangi jalan terutama bagi yang punya niat kurang baik.
Sekitar tahun 1960, daerah ini masih angker – tentunya tidak seperti sekarang, kalau ada keanehan (kebetulan) atau ada seseorang yang bisa melihat alam gaib kadang terlihat seperti ada macan loreng kuning sedang depa (duduk) di atas batu dakon ini, kata sang jupel.
“Mengenai macan loreng kuning dan loreng hitam putih itu adalah semacam pangkat yaitu loreng hitam putih pangkatnya lebih tinggi pangkatnya dari pada loreng kuning,” kata Pak Yazid.
Berbagai kalangan dan berbagai daerah datang berkunjung ke Batu Dakon Pasir Jaya ini. Tujuannya adalah untuk berziarah atau bermacam-macam maksud lainnya. 

Address : Kampung Batu Tapak Cibalagung,Kel Pasir Jaya, Kec Bogor Barat – Bogor Jawa Barat.

Sumber : Hallobogor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar